Di
abad globalisasi modern yang terfasilitasi penunjangan tekhnologi digital serba
canggih dan maju. Pembelajaran untuk mengembangkan bakat dan minat bagi guru
dalam dunia penulisan sangatlah diperlukan. Hal ini guna memberikan tata ruang
pemetaan dan pendalaman kompetensi guru yang identik sebagai pengajar.
Disamping itu dapat menunjukkan peta kekuatan maupun
kelemahan kompetensi guru dalam soal pengetahuan dalam memberikan nilai-nilai pendidikan; apakah
semakin tambah tumbuh hidup, berkualitas dan maju atau sebaliknya.
Sementara pembelajaran untuk pengembangan
tersebut, tentunya dapat diberikan suatu pedoman atau metode; mengenai apa dan
bagaimana penulisan itu? Apa dan bagaimana tata cara, baik itu bentuk karateristik,
etika dan kaidah bahasanya? Serta juga apa dan bagaimana dalam hal soal
permasalahan, dampak dan solusi; penanganannya?
Dari adanya pedoman atau metode; beberapa pertanyaan diatas, guru benar-benar akan dihadapkan sebuah tantangan yang lebih berkredibel, berintergritas, mulia dan benar-benar profesional. Hal ini tentunya dapat sebagai nilai tambah bagi ilmu pengetahuan, wawasan dan pengalaman tersendiri. Serta dapat memberikan ruang kepekaan, daya kreatifitas dan kepedulian terhadap anak didik maupun lingkungan sekitarnya.
Adapun pembelajaran dan pengembangan penulisan
bagi guru tersebut dapat diaktualisasikan dan diapresiasikan lewat bentuk
artikel, opini, sains, sastra; puisi, cerpen, maupun novel dll. Yang tentunya
berkaitan dengan bidangnya; dunia pendidikan. Meskipun tidak menutup
kemungkinan pada bidang lainnya.
.Doc:
MTM/GD-N/Media Network Jateng.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar