Kamis, 02 Agustus 2018

Menumbuh Kembangkan Nilai Kreatifitas dan Bakat Dalam Sebuah Perlombaan Bagi Anak-anak Sangat Diperlukan


Oleh: MT. Mudjaki
Dalam penyelenggaraan suatu event perlombaan bagi anak-anak, baik itu tingkat pra TK hingga tingkat SLTA, dibutuhkan sebuah pertimbangan, kepekaan dan kepedulian yang tentunya tidak hanya sebatas hiburan, hura-hura, dan/atau bersifat monologis. Namun diharapkan dapat memberikan suatu event perlombaan yang mencerminkan dan menumbuh kembangkan daya kreatif, edukatif, potensi; bakat dan berdaya guna manfaat.

Disamping itu juga bisa menghadirkan sebagai tempat aktualisasi dan apresiasi bagi pembelajaran, pendidikan dan keteladanan.

Oleh karena itu, alangkah tepat dan sebaiknya pada momen HUT Kemerdekaan Negara kita tercinta ini dapat dijadikan sebuah ajang perlombaan bagi anak-anak kita yang mencerminkan dan menumbuh kembangkan seperti yang tersebut diatas.

Maka dari hal ini anak-anak akan tumbuh berkembang menjadi generasi berpotensi, matang, berbakat dan kredibel. Bahkan terkesan ada nilai-nilai makna positif dan kebanggaan tersendiri, terutama bagi orang tuanya.

Adapun jenis suatu event perlombaan yang terkait hal tersebut, diantaranya seperti: Lomba tari, musik, menyanyi, baca puisi, bercerita, melukis atau mewarnai gambar, cerdas cermat dll.
Sementara sebagai catatan, bahwa beberapa contoh event perlombaan yang disebutkan diatas merupakan bagian dari nilai-nilai pokok sebuah identitas kepribadian, pola pikir, daya imaginasi dan karakteristik anak-anak itu sendiri. Diibaratkan seperti:
“Wajah cakrawala langit yang hidup dalam warna-warni pelangi bagi dunia Dan Kehidupannya”
.Doc. Arsip: MTM/Jurnalis Reality&Independen/Media Network Jateng.
***

Tidak ada komentar:

Posting Komentar