Jumat, 01 Februari 2019

Membuka Kesadaran Pola Pikir Tentang Pentingnya K3 Bagi Warga Perlu Kesabaran Ektra Tinggi

Memberikan arahan, saran dan masukan bagi warga perumahan, perkampungan maupun di area tempat umum (jalan raya, red) tentang pentingnya ketertiban, keamanan dan keselamatan (K3) menurut personil Babinkamtimas Desa Kawengen-Ungaran Timur, Aiptu Muhono menuturkan, bahwa pada dasarnya sudah bagian dari suatu kewajiban tugas dan juga bentuk kepedulian. Karena hal ini guna membuka kesadaran pola pikir bagi warga. Dan bukankah nilai manfaatnya semata-mata demi kebaikan warga itu sendiri. Meskipun dari hal tersebut diperlukan sebuah energy kesabaran yang cukup ektra tinggi. Serta banyak meluangkan waktu.

Selanjutnya dirinya menjelaskan, penerapan pentingnya K3 hakekatnya tidak hanya menyangkut bagi jiwa warga, namun juga harta benda yang dimilikinya. Maka dari itu diperlukan pembikinan pos kampling, rambu-rambu jalan, penerangan lampu, portal ataupun line polisi tidur.

Adapun untuk sebagai acuan dalam menjaga dan mengatisipasi agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan. Misalnya adanya tindak kriminalitas curanmor, narkoba dan begal, atau akses dampak timbulnya persoalan/permasalahan internal maupun eksternal yang dapat menyalahi tata aturan; ranah hukum yang telah ditetapkan dari pihak yang berwenang, seperti KDRT, tawuran dan kecelakaan dijalan. Sebaiknya dan sewajibnya bagi warga perlu ada perhatian dan komitmen secara seksama, terukur dan terarah benar-benar matang.


Ada beberapa hal yang dapat dan perlu diperhatikan sebagai bahan pertimbangan, antara lain:

·         Lakukan koordinasi/konsultasi dengan pihak terkait yang memiliki kewenangan soal K3 jalan raya, yakni Polri satlantas/Dishub. Jalan raya
·         Mengupayakan koordinasi/musyawarah dengan perangkat setempat, baik ditingkat RT/RW maupun Kelurahan/Desa
·         Menjaga dan melakukan kemitraan berkelanjutan dengan pihak aparat/lembaga masyarakat lain, seperti Babinkamtimas Polri/TNI dan Linmas Kelurahan/Desa
·         Memberdayakan secara simultan, terpadu dan sinergi antar warga setempat maupun masyarakat sekitar dalam Sistem keamanan kampung dan lingkungan (Siskampling)

“Dari beberapa hal yang saya sebutkan itu, saya yakin jika K3 diterapkan dan dijalankan akan dapat dirasakan nyata nilai guna kebaikan dan manfaatnya. Tidak hanya sebatas lingkup keamanan, ketertiban dan keselamatan saja, namun juga akan menjalin rasa keharmonisan, kebersamaan dan keutuhan,” tuturnya mengakhiri pembicaraan.


.Doc.Arsip: MTM/’Reality&Independent’.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar