Kamis, 11 Agustus 2016

198 Sertifikat Prona Warga Kebonagung Telah Diserah Terimakan Oleh Pihak BPN Kab. Semarang

Kebonagung – Dalam rangka pemenuhan penertipan kepemilikan tanah warga yang ada di Desa Kebonagung, Kecamatan Sumowono, maka perlu dilaksanakan pensertifikatan tanah desa tersebut melalui Program Nasional (PRONA). Adapun pemenuhan pensertifikatan tanah itu telah diterbitkan dan diserahkan langsung oleh pihak Badan Pertanahan Negara (BPN) Kabupaten Semarang, Shalini S.P yang disaksikan Pj.Kades Kebonagung, Rina Budi Setiyani, SH, Camat, Suprayitno, S.Sos beserta Staf perangkat desa setempat, Selasa (09/08/16) pukul 09.00 WIB.

Menurut Rina Budi Setiyani, SH mengatakan, bahwa penyerahan sertifikat tanah warga desa Kebonagung merupakan bentuk kepedulian kami selaku perangkat desa yang bekerjasama dengan BPN kabupaten dalam rangka pelaksanaan Program Nasional (PRONA), guna meningkatkan tertib pertanahan.
“Alhamdulillah, semuanya lancar, tertib dan dapat dipertanggungjawabkan,” tuturnya.

Untuk jumlah sertifikat kepemilikan tanah yang diserah terimakan, Pj. Kades Kebonagung menambahkan sebanyak 198 sertifikat dari 200 yang diajukan, dikarenakan dua belum memenuhi ketentuan dan persyaratan, yaitu soal pelimpahan status syah kepemilikan.

“Namun dari hal tersebut, pihak kami dan BPN senantiasa tetap akan membantu dan terus mengupayakan,” tambah Rina.

Adapun ketentuan pelaksanaan sertifikasi ini disesuaikan dengan Peraturan desa (Perdes) No.16 Th. 2015 yang tentunya diselaraskan Progaram Nasional (Prona) Th. 2015, serta Undang-undang Perda maupun pusat.
Selanjutnya Rina menjelaskan, untuk pelaksanaanya ada empat hal yang dilakukan, yakni mulai dari Sosialisasi kepada masyarakat, melakukan pendaftaran dan seleksi, pengumpulan data dan kelengkapan administrasi, serta memasukkan data peserta Prona kedalam format yang telah disediakan oleh Badan Pertanahan Nasional.

“Dari empat hal tersebut, dilakukan pendampingan pada saat pengukuran dan pemasangan patok di lapangan,” jelasnya.

Sementara itu pada saat serah terima sertifikat Prona, terlihat masyarakat setempat begitu antusias dan merasa puas.

.Doc: MTM/GD/Media Network Jateng.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar