Kamis, 01 November 2012

Menikmati Panorama Keindahan Candi ‘Gedong Songo’


Ambarawa – Candi gedong songo adalah sebuah komplek bangunan candi peninggalan budaya hindu yang terletak di desa Candi, Kecamatan Ambarawa – Kabupaten Semarang, tepatnya dilereng gunung Ungaran. Adapun dikomplek candi tersebut terdapat lima candi yang ditemukan Raffles pada tahun 1804 dan merupakan peninggalan budaya hindu dinasti zaman Wangsa Syaelendra abad ke – 4 tahun 927 Masehi.
Sementara, dilihat dari sesuai namanya, komplek candi tersebut terdapat Sembilan candi. Dimana dari letaknya berderet dari bawah sampai atas dengan terpisah satu sama lainnya menyusuri lereng jalan setapak. Hal itu, dilihat dari letak penataannya menjadikan pemandangan yang begitu indah dan menakjubkan. Guna bagi pengunjung / wisatawan, ketika mengunjungi semua candi biasanya berjalan kaki atau menyewa kuda sambil menikmati keindahan alam dan kesegaran udara pegunungan. Apalagi disekitarnya terdapat hamparan bunga mawar, hutan pinus dan tanaman sayur-sayuran. Disamping itu juga dari ketinggian 100 meter, pengunjung dapat menyaksikan lukisan alam kota Ambarawa dan genangan air Rawa Pening dengan latar gunung Sumbing dan Sindoro.
Diantara dari Sembilan candi tersebut, sayangnya hanya terdapat lima candi yang utuh. Untuk candi yang pertama terdapat patung Yoni yang merupakan sebagai lambang kesuburan dan tidak jauh dari candi ke tiga terdapat air belerang yang sangat dipercaya dapat menyembuhkan penyakit kulit. Di candi yang ke lima tidak ada yang special, karena tidak terdapat arca seperti bangunan candi lainnya. Namun dapat menikmati keindahan panorama keindahan gunung Merbabu dan gunung lainnya. Sementara itu, untuk candi yang terdapat dipuncak paling tinggi disebut puncak Nirwana.
                                                                     .jky@21
Dari sekian candi dapat dijumpai berbagai patung dewa, seperti Syiwa Mahaguru, Syiwa Mahadewa dan Syiwa Mahakala, Dhurgamahesasuramadhani dan Ghanesa. ( Doc: Team MLI )



Tidak ada komentar:

Posting Komentar