Senin, 02 Oktober 2017

Hari Batik Nasional 2017 Pemkab. Banyumas Gelar Arak-arakan Kain Batik 60 Meter

Banyumas – Dalam rangka peringatan Hari Batik Nasional Tahun 2017, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Banyumas, Jawa Tengah adakan gelar arak-arakan kain batik sepanjang 60 meter dari Alun-alun Purwokerto, dengan melibatkan ratusan orang, Senin (02/10/2017).

Dan dari gelar acara tersebut banyak menyita perhatian warga setempat yang datang menyaksikan. Apalagi kain batik sepanjang 60 meter itu memiliki motif pewarnaan dasarnya hitam pekat dengan corak bunga keemasan terang menyala.

Adapun gelar arak-arakan kain batik terpanjang yang dilakukan ratusan warga itu dilepas langsung oleh Gubernur Jateng, Ganjar Pranowo.

Disamping itu juga sekaligus dengan pawai seluruh produk khas Banyumas baik dari Instansi pemerintah, swasta maupun pelajar.


Menurut Gubernur, produk batik Banyumasan merupakan batik yang punya kekhasan tersendiri, namun dikenal secara nasional. Sebab memiliki desain sangat bagus dan beragam.

“Apalagi diketahui batik Banyumasan dibuat dari semua level masyarakat, baik dari kalangan atas maupun bawah hingga pelajar SMA,” tuturnya.

Disamping itu, Ganjar menambahkan, bahwa motif batik banyumasan dikenal juga batik yang menjunjung tinggi nilai kebangsaan. Dan ciri khas pedalaman dan bukan pesisir. Dari ciri khas pedalaman ini adalah corak lebih gelap dengan gambar tegas dan lugas yang punya filosofi apa adanya, seperti khas warga Banyumas.

“Oleh karena itu saya berharap, ide inovasi hingga kreasi batik Banyumas bisa terus dikenal hingga luar negeri. Dan diupayakan dan digencarkan promosi dengan memanfaatkan teknologi informasi. Yang tentunya diceritakan batik Banyumas dengan kekhasannya. Dan disertai alamat, harga jual dan belinya disini. Dari hal ini saya yakin akan jadi momentum industry batik tumbuh berkembang di kancah dunia,” tambahnya.

.Doc: MTM/E-Mail: Line pers biro Banyumas/Media Network Jateng.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar