Jumat, 13 Oktober 2017

Waspadai Jika Ada Orang Mengaku Petugas PLN Menawarkan Jasa Pengganti Meteran Listrik

Bagi masyarakat diminta waspadai jika ada petugas yang mengaku dari PLN menawarkan jasa mengganti meteran listrik. Hal ini guna menjaga masyarakat, jangan sampai menjadi korban penipuan.

Apalagi diketahui, akhir-akhir ini banyak masyarakat yang menjadi korban atas modus yang dilakukan oleh orang yang yang tidak bertanggungjawab (pelaku, red), mengaku sebagai petugas PLN.

Adapun untuk mengetahui modus yang dilakukan oleh pelaku, biasanya dengan cara mensurvei ke rumah calon korban yang masih menggunakan KwH meteran lama. Dan setelah itu, menawarkan kepada calon korban untuk bisa mengganti dengan KwH prabayar atau token.

Disamping itu menjual kotak pelindung meter, peralatan penghemat listrik, atau peralatan listrik dan jasa layanan pasang baru.

Dan apabila ada warga masyarakat yang ingin mengganti dengan KwH meter prabayar, pelaku meminta uang pemasangan sebesar Rp 850 ribu, ditambah biaya asuransi Rp 450 ribu. Dan dari biaya tersebut total antara Rp 1,3 - Rp 1,5 juta.

Sementara dari hasil dilapangan diketahui, sasaran utama kebanyakan terjadi di perumahan-perumahan yang non/subsidi atau penghuninya masih relatif baru.

Padahal dari pihak PLN sendiri tidak menjual kotak pelindung meter, peralatan penghemat listrik, atau peralatan listrik apa pun. Bahkan juga tidak menawarkan jasa layanan pasang baru, tambah daya, atau pembayaran tagihan rekening listrik, dengan transaksi pembayaran langsung di rumah pelanggan.

Serta PLN tidak pernah menawarkan jasa pemberian paket subsidi kepada pelanggan. Semua data penerima subsidi terdaftar di Kementerian Sosial.

Oleh karena itu, apabila ada hal-hal yang tersebut diatas, masyarakat untuk dapat menginformasikan pada pihak PLN.

Adapun untuk informasi terkait layanan dan pengaduan PLN dapat disampaikan melalui saluran resmi Contact Center PLN 123 yang dapat diakses melalui:


.Doc: MTM/Arsip Inform.PLN/Line Media Network Online.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar