Senin, 18 Agustus 2014

BI Mulai Hentikan Cetak Pecahan Uang Kertas 1000



JAKARTA - Bank Indonesia (BI) mendorong penggunaan uang koin dalam pecahan mata uang kecil seperti Rp 1.000. hal ini yang menjadi alasan BI tak cetak uang kertas pecahan Rp 1.000.

Adapun saat Direktur Direktorat Perizinan dan Informasi Perbankan BI Lambok Antonius Siahaan dikonfirmasi, Senin (18/08/2014) mengatakan, pihaknya mengarahkan penggunaan uang pecahan Rp 1.000 menggunakan koin bukan lagi kertas.

"Jadi untuk Rp 1.000 memang kita arahkan ke koin. Ke depan, Rp 1.000 menggunakan koin," kata Lambok.

Dia menjelaskan lebih lanjut, penggunaan koin ini untuk lebih menjaga keutuhan fisik uang pecahan bernominal kecil ini.

"Uang pecahan kecil dipakai dalam transaksi oleh pedagang sayur, ikan, di pasar tradisional. Banyak beredar di pasar-pasar kecil sehingga dengan koin lebih tahan lama," jelas dia.


Dirinya menambahkan, melalui penggunaan uang koin bernominal kecil ini, kenyamanan masyarakat diutamakan. Masyarakat juga diminta untuk bisa merawat uang dengan baik.

"Kita ingin mendorong kembali gerakan peduli koin. Yang penting kebutuhan dan kenyamanan masyarakat kita utamakan, clean money policy tercapai. Untuk itu dukung penggunaan koin ya, dan mari kita dorong terus kesadaran masyarakat untuk merawat uang," harapan ungkapannya.

.Ant/Dtk/J.21.
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar