Rabu, 04 Mei 2016

Guna Peningkatan Pelayanan Bagi Masyarakat, PBRT Kota Semarang Luncurkan Aplikasi Android Pendeteksi Keberadaan BRT

Semarang – Guna memberikan pelayanan kenyamanan, kemudahan dan keselamatan bagi masyarakat pengguna Bus Rapit Transsit (BRT). Pengelola Bus Rapit Transit (PBRT) Kota Semarang telah meluncurkan aplikasi berbasis android pendekteksi keberadaan (rute) BRT.

Menurut Kepala Badan Layanan Umun (Kepblu) UPTD Terminal Mangkang Kota Semarang selaku pengelola BRT Trans Semarang, Joko Umboro mengatakan, dengan aplikasi berbasis Android tersebut, masyarakat (calon penumpang) bisa mendeteksi posisi BRT Trans Semarang untuk sampai ke shelter terdekat, serta dapat juga memantau kondisi jalan yang dilalui oleh BRT Trans Semarang.

“Disamping itu, dengan melalui aplikasi ini, pemerintah dan pengelolanya juga bisa memantau pemasukan BRT setiap hari,” penuturan Joko.

Namun demikian, papar Joko, penghitungan jarak dan waktu tempuh BRT Trans Semarang dengan selter terdekat masih berupa asumsi. Namun untuk kondisi lalu lintas tidak bisa diprediksi.

“Kecepatan tergantung kondisi jalan. Jadi, asumsi yang kami gunakan adalah kecepatan rata-rata,” katanya.

Selanjutnya ia menjelaskan, untuk hal itu masih untuk Koridor IV. Sedangkan untuk koridor lain masih akan dianggarkan dana guna pemasangan alat ticketing on bus.

“Oleh karena itu, alat ticketing BRT Trans Semarang berada di dalam bus. Dan sistemnya terkoneksi dengan aplikasi,” jelasnya.

Dari hal ini Joko harapannya, dengan aplikasi ini benar-benar dirasakan dan dapat bermanfaat oleh penumpang. Apalagi manakala diketahui sopir melakukan kecepatan tinggi dan membandel, jangan ragu-ragu untuk menegur sopir untuk mengurangi kecepatan,” imbuhnya.

Sementara itu diketahui, fungsi lain aplikasi BRT Trans Semarang yakni dapat memantau secara real time pemasukan armada. Dan pemantauannya dapat dilihat oleh pengelola serta pimpinan eksekutif BRT Trans Semarang.

“Kami jadi lebih mudah melakukan pengawasan keuangan,” katanya
.
Adapun untuk informasi layanan aplikasi tersebut dapat diunduh di laman www.play.google.com aplikasi BRT Trans Semarang memiliki ukuran 15 MB. Dan sistem operasi pada Android 4.0 ke atas.


.Doc: MTM/GD/Hms/Media Network Jateng.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar