Senin, 02 Mei 2016

Keindahan Tiga curug Dan Gua Macan Watu Kelir Desa Pledokan Perlu Mendapat Dukungan Dan Perhatian Khusus

Pledokan - “Mengangkat nilai potensi keindahan obyek sumber daya alam (SDA) yang ada di desa Pledokan, yakni tiga curug dan gua macan Watu Kelir, merupakan sebuah nilai yang sangat berharga sekali,” demikian kata Kepala Desa Pledokan, Turja’un bersama team perangkat desa, Babinsa dan beberapa masyarakat saat melakukan ekspedisi survai dilokasi obyek SDA tersebut, Minggu (01/05/2016) pukul 10.00 WIB.

Selanjutnya dia menambahkan, apalagi bila keindahan obyek SDA itu mendapatkan dukungan dan perhatian khusus dari pemerintah kabupaten setempat maupun pusat.

“Sebab bagaimanapun juga, obyek SDA ini berguna sebagai aset bagi kepentingan dan pendukungan pariwisata. Disamping itu, tentunya juga sebagai meningkatkan perekonomian bagi kesejahteraan  masyarakat desa sini dan juga sekitarnya,” jelasnya.

Sementara diketahui, bahwa keindahan obyek SDA tiga curug dan gua macan Watu Kelir itu terlihat masih perawan, asli dan alami. Serta belum begitu banyak orang mengenalnya, bahkan belum terakses dipublikasikan.

Dari hal tersebut, Kades Turja’un bersama team perangkatnya lantas membahas bagaimana obyek SDA tersebut untuk dapat terakses, dikenal, terangkat, dan dikembangkan.

“Setelah kita habis melakukan survai dan telah tau, maka obyek keindahan SDA tiga curug dan gua macan Watu Kelir tersebut memang harus dan perlu diangkat dan dipromosikan. Oleh karena itu, tentunya dibutuhkan dukungan, perjuangan dan kerjasamanya dari berbagi pihak,” tutur Turja’un pada jurnalis media online network Jateng.

Untuk hasil pembahasannya, menurut Turja’un menyimpulkan ada empat point yang telah kita garis bawahi, yaitu; penataan akses jalan, pengelolaan tata lingkungan, keamanan, dan kapasitas prosentase nilai inkamnya.

“Empat point itu menjadikan agenda pertimbangan dan acuan bagi kita. Dan dari hal tersebut, secepatnya dapat ditidaklanjuti. Dan harapannya dapat terealisaikan, serta mendapatkan prioritas dukungan tersendiri dari pemerintah kabupaten melalui lembaga istitusi dinas pariwisata,” penuturannya.

.Medan Dan Posisi Keberadaannya.
Adapun medan dan posisi keberadaan obyek SDA tiga curug tersebut berada ditebing gunung Watu Kelir, tepatnya diwilayah Desa Pledokan, Ungaran dengan ketinggian -+ 800m dpl. Dan suasana sekeliling lingkupnya masih rapat penuh semak belukar, bambu-bambu, pohon kopi dan pohon-pohon hutan. Sedangkan untuk gua macan Watu Kelirnya berada di bawah aliran sungai tebing Watu Kelir.
Sementara daya tempuh untuk sampai ditempat obyek SDA itu memakan waktu hamper kurang lebih 3 jam. Dan itupun dilalui dengan jalan kaki, menelusuri sungai, dan tebing-tebing berbukit.

Adapun adanya diketemukan tiga curug dan gua macan Watu Kelir tersebut dulunya berasal dari salahsatu leluhur penduduk desa setempat sedang membuka lahan. sedangkan untuk legendanya merupakan sebagai tempat pertapaan dan sarana laku ritual para dalang. Bahkan ada juga yang menceritakan tempat tersebut banyak menyimpan harta karun, berupa batu emas.

“Jadi menurut leluhur daerah sini menceritakan bahwa dulunya tempat tersebut sebagai tempat untuk bertapa, dan juga sebagai ritual bagi para dalang sebelum mengelar wayang. Tetapi ada yang menceritakan bahwa tempat itu banyak menyimpan harta karun, yakni emas,” penuturan Waluyo, salahsatu anak keturunan leluhur penduduk desa pledokan.

Namun dari hal itu menurut Waluyo menceritakan lebihlanjut, daerah obyek SDA itu juga dikenal penuh misteri dan sarat keanehan. Dimana banyak penduduk daerah desa tersebut dan sekitarnya sering menjumpai, setiap lewat di daerah lokasi itu, dan jika pas pada malam Jumat Kliwon akan mendengar suara gamelan wayang, dan itupun juga ada yang memainkan wayang (dalangnya, red). Tetapi kalau didekati ternyata tidak ada atau gaib.

“Seringkali ada warga sini, setiap lewat di daerah itu, dan pas malam Jumat Kliwon, sering mendengar klonengan wayang. Bahkan juga melihat ada dalang lagi memainkan wayang. Namun pada saat didekati tidak ada dan hilang,” ucapnya mengakhiri ceritanya.


.Doc: MTM/GD/Media Network Jateng.

4 komentar:

  1. Potensi yang bagus.....
    Tapi gua macannya kok ga ada

    BalasHapus
  2. Potensi yang bagus.....
    Tapi gua macannya kok ga ada

    BalasHapus
  3. utk gua macannya memang tdk ditampilkn, namun sbgi arsip dan nantiny akan ditampilkn pd sesi brit tersendiri

    BalasHapus
  4. amazing.. perlu di explore.. :D

    BalasHapus