Sabtu, 28 Mei 2016

Sambut Jelang Ramadhan, Dua Dusun Satu Desa, Kecamatan Sumowono Adakan Gelar Nyadran Bersama

Sumowono – Dalam rangka mendekati bulan suci  Ramadhan 1437 Hijriah, masyarakat dua Dusun, satu Desa, yakni Dusun Resowinangun dan Dusun Ngaglik, Desa Pledokan, kecamatan Sumowono mengadakan gelar nyadran bersama, Jumat (27/05/2016) Pukul 08.00WIB.

Gelar acara tersebut dihadiri Kepala camat Sumowono, Supriyatno S.Sos, Kades Pledokan, Turja’un, Sekdes, Arifin dan Babinsa TNI Koramil 10, Pelda I Nyoman Sugandhi, serta tokoh masyarakat.
Adapun acara nyadran ini merupakan sebuah acara tradisi turun temurun dari para leluhur daerah masyarakat dua dusun setempat yang masih tetap dijaga dan dipegang teguh.

Menurut  Kepala camat Sumowono, Supriyatno mengatakan bahwa pada saat jelang bulan suci Ramadhan, warga dua Dusun sini, yakni Dusun Resowinangun dan Dusun Ngaglik senantiasa mengadakan gelar nyadran bersama-sama. Dan itupun sudah dilakukan sudah sejak dulu.
“Apalagi nyadran itu merupakan tardisi dan sudah bagian dari budaya leluhur masyarakat dua dusun sini,” tuturnya.

Dalam acara nyadran warga daerah dua dusun itu diawali dengan membersihkan makam, kemudian memanjatkan doa ditempat makam para leluhurnya, serta juga handai taulan keluarga yang telah meninggal. Selanjutnya diakhiri doa bersama disepanjang jalan perbatasan dua Dusun setempat, yang mana disepanjang jalan tersebut telah digelar sajikan berupa umbo rampe makanan hasil bumi swadaya bersama masyarakat setempat.

Sementara bentuk sajian makanan hasil bumi swadaya itu berupa, ingkung, nasi tumpeng putih, sayuran, klubanan, lauk pauk, buah-buahan dan jajan pasar.

“Acara nyadran untuk tahun ini cukup meriah, sederhana, dan sangat luar biasa. Apalagi banyak warga daerah sini yang merantau diluar daerah pada datang, dan ikut berbaur bersama,” kata Kades, Turjaun.
.Doc: MTM/GDN/Media Network Jateng.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar