Minggu, 01 Desember 2013

Mantan anggota KPU Mulyana Wira Kusumah Meninggal Dunia



Jakarta - Mantan anggota KPU dan juga Dosen Universitas Indonesia, Mulyana Wira Kusumah meninggal dunia di rumahnya, Meruya Hilir blok G Nomor 9, Jakarta Barat, Minggu (01/12/2013) pukul 21.30 WIB. Mulyana meninggal di usia 65 tahun, akibat penyakit komplikasi.
 


Mulyana sebelumnya sempat dirawat di RS Dharmais selama dua minggu karena sakit stroke yang diderita. Pada hari Jumat (29/11/2013) kemarin, eks anggota KPU itu dibawa pulang ke rumahnya di kawasan Meruya, Jakarta Barat.

Riwayat hidup, Mulyana Wira Kusumah lahir di Bogor, Jawa Barat pada 23 November 1948. Mulyana adalah seorang akademisi dan anggota Komisi Pemilihan Umum (KPU) tahun 2004. Saat menjabat sebagai komisioner KPU 2004, dirinya pernah terlibat kasus penyuapan terhadap pemeriksa BPK. Kasus ini menjadi awal terkuaknya korupsi di tubuh KPU. Setahun kemudian, Mulyana divonis penjara 2 tahun 7 bulan oleh Pengadilan Tipikor.

Sebelumnya ia adalah tokoh KIPP (Komisi Independen Pemantau Pemilu) dan staff pengajar FISIP Universitas Indonesia, dan juga pernah bergiat di Lembaga Bantuan Hukum (LBH) Jakarta. Terakhir, dia mendirikan Seven Strategic Studies (7SS) dan menjadi direktur eksekutifnya.

Atas kabar duka meninggalnya Mulyana Wira Kusuma, berbagai ucapan belasungkawa datang dari beberapa tokoh politik, akademik hingga budayawan, di situs jejaring sosial Twitter.

.LIND@Ant/Dtk/J.21.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar