Selasa, 06 September 2016

Harga Lada Putih Maupun Hitam Untuk Kebutuhan Jelang Idul Qurban Merangkak Naik

Ungaran – Pemenuhan kebutuhan bahan bumbu dapur jelang hari raya Idul Adha untuk tahun ini terjadi peningkatan dan harganya merangkak naik. Dan salahsatunya bumbu dapur lada atau mrica. Sebab bagaimanapun juga bumbu dapur yang satu ini sangat dibutuhkan dan vital, terutama untuk bumbu masakan sate, tengkleng, gule dan lainnya.

Adapun diketahui pada pasaran umum, menurut para pedagang yang berada baik di pasar Ungaran maupun Babadan banyak yang mengatakan, peningkatan kebutuhan bumbu dapur tersebut bagi masyarakat, khususnya pada saat Idul Qurban atau lebaran haji meningkat sampai dua kali lipat. Dan peningkatan kebutuhan tersebut biasanya pedagang memasok antara 5-10 Kilogram bisa hingga 20-25 Kilogram, Selasa (06/09/2016).

Sedangkan untuk harganya pun juga ikut naik, yakni yang biasanya mencapai kisaran hanya antara Rp.175-180 ribu/Kg kini menjadi Rp.190-210 ribu/Kilogramnya (lada/mrica putih). Sedangkan untuk lada/mrica hitam Rp.80-100 ribu/Kg menjadi Rp.100-120 ribu/Kgnya.

“Kalau pas musim lebaran haji atau hari kurban, kebutuhan mrica meningkat, dan biasanya diiringi juga harganya ikut naik,” tutur Ngatmi, salahsatu pedagang pasar Babadan.

Namun dari hal itu Ngatmi menambahkan, untuk rumah tangga pembeliannya kebanyakan mrica yang bubuk dan bungkus sasetan.

“Kalau untuk konsumsi rumah tangga biasa jarang beli kiloan. Paling-paling yang mrica bubuk atau yang bungkus sasetan. Lain halnya dengan yang usaha warung makan atau restoran, biasa membeli kiloan,” tambahnya.

.Doc: MTM/GD/Media Network Jateng.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar