Jumat, 02 September 2016

Jelang Idul Adha, Kebutuhan Pemenuhan Hewan Kurban Jateng Terus Meningkat

Semarang – Menghadapi Idul Adha tahun 2016 dalam kebutuhan pemenuhan hewan kurban terus mengalami peningkatan hingga tiga kali lipat lebih.

Menurut catatan Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Jawa Tengah diperkirakan ada sekitar -+400 ribu ekor untuk pemenuhan kebutuhan hari raya Idul Adha.

Dan dari kebutuhan pemenuhan tersebut, untuk sapi sekitar 100 ribu ekor. Sedangkan kambing ataupun domba kurang lebih antara 300-400 ribu ekor.

Sementara untuk pasokan populasi hewan kurban dari sejumlah daerah biasanya berasal antara lain dari Demak, Boyolali, Wonogiri, Grobogan, Blora, Ungaran dan sebagainya.
Dan stok kebutuhan hewan kurban di Jateng diketahui masih mencukupi, meskipun saat ini mengalami gejolak peningkatan.

Dari stok hewan kurban mencapai tiga kali lipat lebih itu tersebar di kantong daerah-daerah produksi, dan populasinya sendiri pun meliputi untuk sapi -+100 ribu ekor, kambing -+ 3-4 juta ekor, domba -+2-3 juta ekor, serta kerbau -+50-70 ribu ekor.

Adapun menyangkut pengawasan kesehatan hewan kurban, Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan akan aktif menerjunkan tim untuk melakukan pengawasan dan pemeriksaan kesehatan terhadap hewan ternak.
Dari hal itu, tim akan merekomendasikan jaminan, kalau hewan ternak yang dikorbankan benar-benar memenuhi syarat kesehatan, aman terkonsumsi, dan sesuai syar’i.

.Doc: MTM/GD/Media Network jateng.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar