Rabu, 28 September 2016

Nilai Manfaat Dan Khasiat Kandungan Gizi Mengkomsumsi Rajungan

Kita tentunya sudah banyak mengenal salahsatu binatang laut yang namanya Rajungan atau Portunus pelagic. Jenis binatang ini termasuk ke dalam jenis kepiting, dan memiliki jenis yang cukup beragam, yakni dari mulai jenis rajungan biasa, karang, angin, batik, hijau, merah kecoklatan, biru dll.

Diketahui, menurut sebuah lembaga penelitian akademisi yang ada di Indonesia oleh Muchtadi dan Sugiyono disebutkan, bahwa binatang ini memiliki -+1.400 jenis, dengan memiliki ciri/karakter, warna dan bentuk keunikan tersendiri.

Disamping itu, rajungan merupakan binatang yang banyak terdapat nilai manfaat Kandungan Gizi (KG) sangat baik bagi manusia. Oleh karena itu tidak mengherankan hewan ini sangat popular, harganya sangat tinggi dan mahal. Dan biasanya komoditas hewan tersebut banyak diperjualkan untuk restoran-restoran ternama dan berkelas. Namun dari hal tersebut, masyarakat umum juga dapat mengkomsumsi dan mengolah komuditas hewan tersebut, baik melalui pembelian pada petani tambak, nelayan, atau para pedagang pasar TPI (tempat pelelangan ikan).

Adapun untuk kandungan gizi yang terdapat pada rajungan dibandingkan kepiting adalah pada kandungan kimia yang kaya akan nutrisi. Selain itu  protein tinggi, kaya akan karbohidrat, fosfor, kalsium, dan zat besi. Bahkan lebih dari itu, hewan ini memiliki beberapa jenis vitamin, khususnya vitamin A dan B1, Asam Lemak Omega 3, Mineral Selenium, Mineral Copper, Mineral Zinc, serta Lemak Jenuh.

Dari kelebihan kandungan tersebut berada dan terdapat pada tiga (3) jenis dagingnya, yakni daging super pada bagian bawah tubuh, daging reguler pada bagian sekat rongga badan berupa serpihan-serpihan, dan daging merah/clawmeat yang berada di kaki serta capit. Dan rata-rata kandungan gizinya kisaran antara 14,1 gram, 210 mg, 1,1 mg, 200 SI, dan 0,05 mg/100 g.

Sementara itu dari nilai manfaat KG yang terdapat pada rajungan diketahui (dari hasil penelitian, red) ada beberapa nilai khasiatnya, antara lain; menumbuhkan kecerdasan otak, memperlancar sirkulasi/peredaran darah, melawan kanker, memperlancar kesuburan ASI, mengobati pengapuran tulang/Osteoporosis, mencegah penyakit jantung dll.

.Doc: MTM/GD-N/Lipi/Hms Dispertan/Media Network Jateng



Tidak ada komentar:

Posting Komentar