Senin, 12 September 2016

Lima Keutamaan Khasiat Tanaman Kemukus

Tanaman kemukus atau disebut juga dengan nama tanaman lada buntut; lada Jawa (Cubeba Fructus). Sebab tanaman ini memiliki jenis buah yang sama satu species dengan tanaman mrica atau lada. Namun tanaman ini yang membedakan pada jenis daunya, yakni berbentuk lingkar bulat agak lonjong.
Tumbuhan tanaman kemukus pada dasarnya banyak memiliki banyak manfaat dan khasiat. Adapun manfaat dan khasiatnya antara lainnya;

  1. Sesak Nafas dan Asma
    Sidiakan bahan ± 15 gram serbuk biji kemukus, lalu diseduh dengan 1 gelas air matang panas. Setelah itu dinginkan dan  disaring. Adapun dari hasil saringan tambahkan 1 sendok makan madu, diaduk sampai rata, selanjutnya  diminum hingga habis. Sementara untuk penyakit asma, sediakan bubuk biji kemukus 2 sendok makan, kemudian ditambah dengan 2 gelas air, didihkan sampai volumenya 1 gelas. Selanjutnya campurkan dengan 1 temulawak ukuran 2 jari+gula batu atau gula , lalu diminum hangat-hangat.
  2. Flu dan Pilek pada Bayi
    Ambil 10 biji kemukus dan sepotong kencur kira-kira sebesar ibu jari telunjuk. Lalu tumbuklah kedua bahan ini sampai halus, kemudian berilah sedikit air, lalu aduk hingga merata. Untuk cara pakai oleskan pada badan bayi 
  3. Keputihan
    Sediakan biji kemukus 12 butir ditumbuk halus bersama 5 butir cengkeh, 2 rimpang kunci kuning,, 2 potong kayu kembang lawang dan 2 potong kayu mesoyi sepanjang 2,5 cm selebar 2 cm. Semuanya dicampur dengan keadaan kering dan ditumbuk sampai halus. Dari serbuk hasil tumbukan itu terlebih dahulu dicampur dengan air perasan daun tapak gajah 3 batang berikut akarnya, sari 2 buah jeruk nipis dan I gelas air. Selanjutnya diseduh dalam keadaan segar, lalu diminum. Untuk keputihan itu akan cepat sembuh lakukan  selama 2-3 kali sehari.
  4. Menambah Stamina Tubuh
    Sediakan 5 biji kemukus, ½ jari rimpang jahe, 1 jari batang serai, 5 butir cengkeh, ½ butir buah pala, ½ jari kayu manis, 4 lembar daun jeruk purut, gula enau secukupnya. Semua bahan dipotong-potong dan drebus dengan 5 gelas air dan biarkan mendidih hingga tinggal airnya 3 gelas. Setelah disaring, airnya diminum selagi hangat. lakukan secara teratur 3 kali sehari
  5. Gangguan kesuburan pria maupun wanita
    Daun kemumuks 10 gram, daun empedu tanah 10 gram, daun pegagan 10 gram, batang akar ali-ali 1 jari. Semua bahan direbus dengan 2 gelas air dan biarkan mendidih hingga tinggal 1 gelas. Setelah suam-suam kuku disaring dan diminum tiap pagi.


.Doc: MTM/GD/Media Network Jateng.

1 komentar:

  1. Assalamualaikum wrb salam persaudaraan,perkenalkan saya Sri Wulandari asal jambi,maaf sebelumnya saya hanya mau berbagi pengalaman kepada saudara(i) yang sedang dalam masalah apapun,sebelumnya saya mau bercerita sedikit tentang masalah saya,dulu saya hanya penjual campuran yang bermodalkan hutang di Bank BRI,saya seorang janda dua anak penghasilan hanya bisa dipakai untuk makan anak saya putus sekolah dikarenakan tidk ada biaya,saya sempat stres dan putus asa menjalani hidup tapi tiap kali saya lihat anak saya,saya selalu semangat.saya tidak lupa berdoa dan minta petunjuk kepada yang maha kuasa,tampa sengaja saya buka internet dan tidak sengaja saya mendapat nomor tlpon Aki Sulaiman,awalnya saya Cuma iseng2 menghubungi Aki saya dikasi solusi tapi awalnya saya sangat ragu tapi saya coba jalani apa yang beliau katakan dengan bermodalkan bismillah saya ikut saran Aki Sulaiman saya di ritualkan dana gaib selama 3 malam ritual,setelah rituialnya selesai,subahanallah dana sebesar 2M ada di dalam rekening saya.alhamdulillah sekarang saya bersyukur hutang di Bank lunas dan saya punya toko elektronik yang bisa dibilang besar dan anak saya juga lanjut sekolah,sumpah demi Allah ini nyata tampa karangan apapun,bagi teman2 yang mau berhubungan dengan Aki Sulaiman silahkan hub 085216479327 insya Allah beliau akan berikan solusi apapun masalah anda mudah2han pengalaman saya bisa menginspirasi kalian semua,Assalamualaikum wrb.JIKA BERMINAT SILAHKAN HUB AKI SULAIMAN 085-216-479-327,TAMPA TUMBAL,TIDAK ADA RESIKO APAPUN(AMAN) .

    BalasHapus