Sabtu, 17 September 2016

Pengembangan Program Guru Pembelajaran Pendidikan Anak Usia Dini Perlu Peningkatan Mutu Profesional, Berkualitas Dan Berintergritas

Oleh: MT.Mudjaki

Pengembangan nilai potensi dan peran guru profesional dalam proses pembelajaran sangat dibutuhkan di era serba modern ini. Karena dari hal tersebut, merupakan kunci keberhasilan belajar bagi siswa, serta dapat menghasilkan mutu pendidikan menjadi lebih berkualitas, berintergritas dan berkompeten.

Profesionalitas guru melalui program pembelajaran, diketahui merupakan upaya peningkatan kompentensi bagi semua guru. Hal ini sejalan dengan pemetakan Uji Kompetensi Guru (UKG) Th.2015 lalu. Disamping itu sebagai tindaklanjut dari Permendikbud No.137/Th.2014 tentang Standar Nasional PAUD, dengan No.146/Th.2014 tentang kurikulum 2013 PAUD.

Adapun hasil UKG pada Th.2015 lalu itu menghasilkan sepuluh (10) kelompok kompetensi yang menunjukkan pada peta kekuatan maupun kelemahan kompetensi guru dalam soal pengetahuan.

Ke-10 kelompok kompetensi tersebut meliputi dari deteksi tumbuh kembang anak usia dini, kurikulum&pembelajaran TK, komunikasi yang efektif dari guru, hingga penilaian kinerja dan pengembangan keprofesian berkelanjutan bagi guru.

Sementara untuk pembagian dari ke sepuluh kelompok kompetensi bagi guru program pembelajaran telah diberikan suatu pedoman atau metode; mengenai karateristik anak usia dini, serta dalam hal soal permasalahan dan penanganannya.

Dari program pembelajaran ini, guru benar-benar akan dihadapkan sebuah tantangan yang lebih berkredibel, mulia dan benar-benar profesional.


.Doc: MTM/GDN/Media Network Jateng.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar