Kamis, 10 Maret 2016

HPV Penyebab Utama Kanker Serviks



Ungaran - Dari hasil liputan dan data dalam sosialisai penyuluhan kanker serviks yang diadakan oleh istri-istri kelembagaan Persit TNI AD-10 bekerjasama dengan pihak Akademi kesehatan ‘Gerakan Peduli Kanker Serviks Indonesia’ (GPKSI) di Aula Koramil TNIAD-10 Sumowono, Ungaran - Kabupaten Semarang pada Rabu (09/03/2016) kemarin. Untuk itu, saya ingin mencoba merangkum seputar tentang apa itu kanker serviks, dan penyebabnya.


 Adapun kanker serviks adalah kanker yang muncul pada leher rahim wanita. Dan leher rahim tersebut berfungsi sebagai pintu masuknya rahim dari vagina. Sementara kecenderungan penyakit ini berada daerah tersebut, dan memengaruhi wanita yang aktif secara seksual antara usia 30-45 tahun. Kanker serviks sangat jarang terjadi pada wanita berusia di bawah 25 tahun. Pada tahap awal, kanker serviks biasanya tidak memiliki gejala yahg mencolok. Namun yang paling umum adalah pendarahan pada vagina yang terjadi setelah berhubungan seks, di luar masa menstruasi atau setelah menopause. Disamping itu, juga diakibatkan adanya hubungan seks kurang bersih, bebas, sering gonta-ganti atau jajan dengan pasangan lain.

Menurut data WHO, sekitar 490.000 perempuan di dunia terkena kanker serviks pada tiap tahunnya. Dan hampir 80 persennya berada di negara-negara berkembang, dan salah satunya adalah Indonesia. Dari hal itu, bahwa kanker serviks merupakan jenis yang sering menyerang kaum wanita. Sementara untuk tiap satu menit muncul kasus baru dan tiap dua menit terdapat satu orang meninggal akibat kanker tersebut.

Untuk di negara Indonesia, pada tiap harinya diperkirakan muncul 40-45 kasus baru dan sekitar 20-25 orang meninggal akibat kanker serviks. Itu berarti tiap bulan Indonesia kehilangan 600-750 perempuan akibat kanker tersebut. Dan angka kematian akibat kanker serviks, Indonesia tergolong cukup tinggi.
 
.Human papilloma virus atau HPV Penyebab Utama Kanker Serviks.
Perlu untuk diketahui, ada banyak jenis HPV dan sebagian besar adalah virus yang tidak berbahaya. Namun dari hal itu, ada beberapa jenis HPV yang mengganggu dan berbahaya bagi sel-sel leher rahim menjadi tidak bisa berfungsi secara normal dan akhirnya bisa memicu adanya kanker. Dan, dari beberapa jenis virus, ada dua jenis virus HPV yang paling berbahaya, yaitu HPV 16 dan HPV 18. Dari kedua jenis virus inilah yang menyebabkan 70 persen kasus adanya kanker serviks.

Sementara itu timbulnya HPV, dimana saat berhubungan seks tidak sempurna, kurang bersih, melukai rahim, dan terjadi infeksi. Dari hal tersebut, virus ini akan mengendap dan memicu hingga menimbulkan kanker serviks. Oleh karena itu untuk mencegah infeksi HPV yang berisiko menyebabkan kanker serviks, lakukan pencegahan dini, atau konsultasi pada pihak dokter.

.Doc: MTM/GD-N/Media Network Jateng.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar