Selasa, 15 Maret 2016

Ruang Tabung Chamber Gedung RUBT RSAL Mintohardjo memakan korban



Jakarta - Telah terjadi kebakaran ruang tabung chamber Pulau Miangas Gedung Ruang Udara Bertekanan Tinggi (RUBT) RSAL Mintohardjo, Senin (14/03/2016) pukul 13.00 WIB.


Menurut Kepala Dinas Penerangan TNI Angkatan Laut (Kadispenal), Laksamana TNI M. Zainuddin menjelaskan, bahwa kejadian yang terjadi di Rumah Sakit (RS) TNI AL Mintohardjo bukan ledakan, namun kebakaran akibat konsleting listrik, sehingga safety valve terbuka dan menimbulkan ledakan, serta itensitas asap putih pekat.

Adapun kronologisnya, saat terapi dimulai pada pukul 11.30 WIB dengan tekanan 2,4 atmosfer. Kemudian sekitar pukul 13.00, ketika tekanan baru mulai dikurangi menuju 1 atmosfer, dan pada pukul 13.10 terlihat percikan api di dalam chamber.

“Dengan adanya hal tersebut, operator dengan cepat membuka sistem fire, tetapi api dalam chamber secara cepat langsung membesar dan tekanan dalam chamber naik dengan cepat sehingga safety valve terbuka dan menimbulkan ledakan. Beberapa saat kemudian api mulai padam, namun korban dalam ruang tabung chamber tidak dapat diselamatkan,” jelasnya.

Selanjutnya Kadispenal menambahkan, pukul 14.00 WIB, korban langsung dievakuasi dan segera di bawa ke kamar jenazah RSAL Mintohardjo. Demikianpun petugas dan penunggu yang ada di Kamar Udara Bertekanan Tinggi (KUBT) langsung juga di evakuasi ke UGD RSAL setempat.

Adapun daftar nama ke-empat  korban yang meninggal adalah:
  1. Irjen Pol. Pur. Abubakar Nataprawira (65 th), Alamat Vila Permata Gading, Jakarta Utara
  2. Edi Suwandi (67 th), Alamat Pondok Jingga, Bekasi
  3. dr. Dimas (28 th), Alamat Pondok Jingga, Bekasi
  4. Drs. Sulistyo (54 th), Alamat Semarang, anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD)
Atas kejadian hal tersebut, pihak Pomal bekerja sama dengan Puslabfor Polri melakukan olah Tempat Kejadian Perkara (TKP).

.Doc: MTM/GD-N/Ant/Hms/Media Network Nasional.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar