Jumat, 26 September 2014

Pengamat Ilmu Politik UnBra: “Pilkada Langsung Tak Sesuai Jati Diri Bangsa Kita”



Malang -  Menurut Pakar Ilmu Politik Universitas Brawijaya Malang, Anang Sujoko menilai pemilihan secara langsung tidak sesuai dengan falsafah hidup rakyat Indonesia.

Selanjutnya ia mengatakan, Pilkada langsung merupakan salah satu bentuk dari demokrasi import. Menurutnya tidak semua produk demokrasi import cocok diterapkan di Indonesia, Jumat (26/09/2014).

"Mungkin pemilihan langsung  cocok di negara lain seperti Amerika, tetapi tidak sesuai jika diterapkan di Indonesia," katanya
.

Ia
kemudian menjeaskan, selama ini terjadi penafsiran yang salah terhadap makna demokrasi, dimana harus selalu disamakan dengan pemilihan langsung. Seharusnya demokrasi Indonesia harus sejalan dengan falsafah dan nilai hidup yang berkembang di masyarakat Indonesia.

Selain itu
, dilihat dari aspek demografi, masyarakat Indonesia dipandang belum siap untuk melaksanakan pemilihan daerah secara langsung. Kemudian tingkat pendidikan yang kurang dan kemiskinan yang masih mendominasi menyebabkan Pilkada langsung justru sering menimbulkan money politik dan bentrok antar pendukung calon.

“Jadi pemilihan secara tidak langsung sesuai dengan falsafah pancasila dan keadaan yang ada di masyarakat. Oleh karena itu, Pilkada tak langsung adalah bentuk dari musyawarah perwakilan sesuai dengan sila ke empat Pancasila, ini sesuai dengan jati diri kita," tutur Anang.

.Ant/Rep/VN/JMP.21.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar