Jumat, 08 November 2013

Di tengah Sentimen Pasar Keuangan Bervariasi, Rupiah Berada Di Posisi 11.395 Dollar AS



Jakarta - Mata uang rupiah pada Jumat (08/112013) pagi bergerak minim fluktuasi, berada di posisi 11.395 per dolar AS di tengah sentimen pasar keuangan yang bervariasi. Hal ini menunjukan posisi nilai tukar rupiah yang ditransaksikan antarbank di Jakarta itu stagnan.

Sementara itu, Kepala Riset Trust Securities Reza Priyambada mengatakan, pergerakan nilai tukar rupiah pada pagi ini minim fluktuasi, namun cenderung menguat, meski dibayangi data-data ekonomi AS yang sebagian besar menunjukkan pertumbuhan.

"Di sisi lain, laju nilai tukar euro yang kembali mengalami penguatan, setelah kenaikan indeks harga perumahan Inggris, pertumbuhan factory orders Jerman, dan peningkatan beberapa data lainya di sejumlah wilayah Eropa diharapkan berimbas positif bagi rupiah," katanya.

Adapun, menurut analis pasar uang Bank Mandiri Renny Eka Putri menyatakan, secara umum sentimen di pasar uang masih negatif. Namun ada potensi kenaikan bagi nilai tukar domestik setelah cadangan devisa Indonesia mengalami kenaikan.

Dalam data Bank Indonesia tercatat jumlah cadangan devisa Indonesia pada akhir Oktober lalu mencapai US$96,99 miliar, atyau meningkat US$1,3 miliar dari posisi akhir September sebesar US$95,7 miliar. Dan Renny memperkirakan, pergerakan nilai tukar rupiah hari ini bergerak di kisaran 11.240 sampai 11.500 per dolar AS. 

.LIND@Ant/MN/J.21.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar