Selasa, 26 November 2013

Lembaga Riset Dan Survei Politik, Pol-Tracking Institute Gelar Forum “Dialog Kebangsaan” Di 15 Kampus Ternama Seluruh Indonesia



Jakarata - Lembaga riset dan survei politik, Pol-Tracking Institute menggelar forum “Dialog Kebangsaan” di 15 kampus ternama seluruh Indonesia. Adapun kegiatan tersebut, bertujuan untuk membangun kesadaran berpolitik di kalangancivitas academica.

Acara gelar forum dialog kebangsaan itu memiliki tema, ‘Mencari Pemimpin Indonesia, dari Kampus untuk Indonesia’. Pelaksanaan kegiatan ini telah dilangsungkan sejak akhir Oktober lalu hingga Januari 2014 mendatang.

Sementara, Direktur Eksekutif Pol-Tracking Institue, Hanta Yuda mengatakan,  formasi tokoh-tokoh pembicara yang hadir dalam forum Dialog Kebangsaan berasal dari tiga unsure, yakni; pertama, tokoh senior (capres mainstream) yang namanya telah beredar dalam orbit 10 besar survei-survei nasional. Unsur kedua, tokoh muda yang masuk dalam kualifikasi survei opinion makers dan pakar Pol-Tracking pada 2012 lalu yang bertajuk “Mencari Kandidat Muda Potensial 2014”. Dan yang ketiga, adalah unsur kepala daerah potensial yang juga  masuk dalam orbit 10 besar hasil survei opinion leaders/expert pada Mei 2013 lalu.

 “Pemilu 2014 sudah seharusnya dapat dimanfaatkan oleh para pihak untuk menghadirkan paket pemimpin-pemimpin terbaik bangsa. Publik harus diberikan 'menu' tambahan untuk calon pemimpin mereka,” kata Hanta, Senin (25/11/2013).

Dia menjelaskan, dialog kebangsaan ini semakin relevan, karena di sisi lain, Pol-Tracking sebagai lembaga riset dan survei politik, berkomitmen mendorong hadirnya para pemimpin-pemimpin terbaik bangsa untuk terlibat dalam proses menjadikan Indonesia dan demokrasi lebih baik. Selain itu, kehadiran tokoh-tokoh ini, diharapkan dapat menambah referensi publik dalam menghadapi Pemilu 2014.

“Pol-Tracking bersama kampus ingin terlibat dengan menjadikan forum ini sebagai salah satu cara publik menguji kualitas para tokoh bangsa,” tegas Hanta.

Dialog Kebangsaan ini sejak dimulainya pada 24 Oktober lalu telah digelar di 8 universitas ternama di Indonesia di antaranya, Universitas Gadjah Mada, Universitas Mulawarman, Universitas Brawijaya, Universitas Airlangga, Universitas Negeri Padang, Universitas Sumatera Utara, Universitas Sriwijaya, Universitas Diponegoro. Selanjutnya, Dialog Kebangsaan akan digelar di Universitas Negeri Sebelas Maret, Universitas Lampung, Universitas Jendral Soedirman, Universitas Negeri Yogyakarta, Universitas Pendidikan Indonesia, Universitas Udayana dan Universitas Lambung Mangkurat.

.LIND@Ant/Rep/J.21.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar