Selasa, 29 Oktober 2013

Mantan Kapolri Jenderal Timur Pradopo Lakukan Sertijab Kepada Kapolri baru, KomJend. Pol. Sutarman, Hari ini



Jawa Barat - Mantan Kapolri Jenderal Timur Pradopo akan menyerahkan jabatan kepada Kapolri baru Komisaris Jenderal Polisi Sutarman, hari ini, Selasa (29/10/2013) dalam upacara serah terima jabatan (sertijab) di Markas Komando Brimob, Kelapa Dua, Depok, Jawa Barat.


"Sertijab Kapolri di Mako Brimob Depok, dilaksanakan pada pukul 07.00 WIB," kata Kepala Divisi Humas Polri, Irjen Pol Ronny F Sompie kepada wartawan.

Ronny menjelaskan, pada dasarnya Komjen Sutarman resmi menjadi Kapolri, saat dilantik oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY), Jumat (25/10/2013). Namun secara legitimasi institusi, Sutarman menjadi Kapolri, saat Timur Pradopo menyerahkan tongkat Komando dan Panji Tri Brata kepada Sutarman.

"Tongkat komando, tanda jabatan, panji Polri, dan Tri Brata. Hal itu merupakan bagian legitimasi institusi penyerahan secara internal dari Kapolri lama ke Kapolri baru," jelasnya.

Dalam acara sertijab ini, lanjut dia, Timur Pradopo dan Sutarman akan menjadi Inspektur Upacara dan duduk berdampingan di mimbar upacara. Setelah itu, Timur akan menyerahkan tongkat komando dan Panji Tri Brata kepada Sutarman sebagai tanda secara resmi ia memegang penuh pucuk pimpinan Polri di hadapan anggotanya. Sejumlah tamu undangan yang akan hadir di antaranya panglima TNI, para Menteri, Komisi III DPR RI, Kompolnas, Ombudsman, dan sejumlah mantan Kapolri.

.Lind@Ant/MN/J.21.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar