Selasa, 01 Oktober 2013

PBB: "Satu Dari Delapan Penduduk Dunia Masih Mengalami Kelaparan"


Roma - Satu dari delapan penduduk dunia masih mengalami kelaparan. Laporan badan-badan PBB yang mengurusi pangan menyebutkan kelaparan itu membuat mereka kekurangan gizi secara kronis.
"Sekitar satu dari delapan orang di dunia diperkirakan mengalami kelaparan kronis," kata Organisasi Pangan Dunia (FAO), sebagaimana dilansir BBC, Selasa, 01/10/13.

Badan-badan PBB yang mengurusi pangan, FAO, WFP dan IFAD, menyebut orang-orang yang kelaparan adalah mereka yang tidak punya makanan yang cukup untuk mendukung hidup aktif dan sehat. Laporan yang mengambil data dalam dua tahun terakhir ini memperkirakan lebih 842 juta orang, atau sekitar 12 persen penduduk dunia, kekurangan gizi secara kronis. Dari angka baru ini lebih rendah dari perkiraan dua tahun sebelumnya. Meski demikian, para penulis laporan memperingatkan sasaran tujuan Milenium untuk mengurangi 50% penduduk dunia yang kelaparan pada 2015, mungkin tak bisa dicapai sepenuhnya.
"Negara-negara yang dilanda konflik selama dua dekade terakhir kemungkinan besar akan mengalami kemunduran besar dalam menekan angka kelaparan," kata PBB dalam laporan yang dikeluarkan di Roma, Italia.

Sementara, kemajuan tercepat dicapai di negara-negara dengan pertumbuhan pesat di kawasan Asia Tenggara. Proporsi penduduk kelaparan di Asia Tenggara telah turun dari 31,1% pada sejak 1990 menjadi 10,7%. Namun keberhasilan untuk mengurangi angka kelaparan dunia bervariasi dari satu kawasan ke kawasan lainnya.
Namun, untuk Afrika tetap menjadi wilayah dengan prevalensi kekurangan gizi tertinggi. Lebih satu dari lima orang diperkirakan kekurangan gizi. Sedangkan negara-negara di Asia Selatan juga belum mencatat kemajuan berarti.

.Lind@BBC/AMIRULLAH/J.21

Tidak ada komentar:

Posting Komentar