Kamis, 31 Oktober 2013

Presiden SBY Hadiri Puncak Hari Pangan Sedunia (HPS) Ke-33 Di Kota Padang, Sumbar



Padang - Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY), Kamis (31/10/2013), menghadiri puncak peringatan Hari Pangan Sedunia (HPS) ke-33 di Kota Padang, Sumatra Barat (Sumbar).


Pada peringatan HPS ini, Presiden, Ibu Ani Yudhoyono, dan rombongan direncanakan hadir pukul 09.00 WIB di Kompleks TVRI, Padang.

Dalam peringatan kali ini, Presiden mengingatkan kembali soal kemandirian pangan nasional yang perlu dipersiapkan sejak dini.  Setelah menyampaikan pengarahannya, Presiden dijadwalkan meninjau pameran gelar teknologi pertanian dan peternakan, serta dilanjutkan penanaman pohon.

Usai peringatan HPS, Presiden dan rombongan kembali ke Jakarta. 

Sebelumnya, pada Selasa (29/10/2013), Presiden menggelar rapat koordinasi (rakor) terkait persiapan untuk menghadapi perubahan iklim dan gejolak pasar pangan dunia. Dan, Pemerintah telah menyusun rencana aksi untuk meningkatkan produksi dan produktivitas pangan. 

Adapun dalam rakor yang dilaksanakan di Balai Sidang Bung Hatta, Istana Bung Hatta, Bukit Tinggi, Sumbar ini, dia mengatakan bahwa solusi untuk menghadapinya adalah meningkatkan stok, bukan impor. Rencana aksi ini, lanjutnya, terutama ditujukan untuk komoditas pangan strategis, seperti beras, gula, jagung, daging sapi, dan kedelai.

Rakor yang dihadiri sejumlah menteri dan kepala daerah ini berkaitan dengan puncak HPS. 

"Sekarang meski cukup, karena kebutuhan beras meningkat dengan tajam, ditambah gangguan perubahan iklim dan gejolak pasar beras dunia dan juga pengaruh eksportir beras dunia, kita butuh kecukupan stok beras yang besar," kata Presiden saat itu.

Presiden SBY mengingatkan, bahwa meningkatkan produksi dan produktivitas pangan menjadi keharusan. Apalagi saat ini penduduk Indonesia mendekati 250 juta jiwa, dengan kebutuhan terhadap pangan juga meningkat. 

"Kalau ada gejolak pangan, maka tidak harus selalu impor, kalau ke depan ketergantungan impor tinggi, maka tidak baik bagi Indonesia," kata SBY dengan jelas.

Disamping itu, dia juga menegaskan, harga pangan akan stabil bila persediaan pangan terjamin.

.LIND@Rep/PD/J.21.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar